Login

Remember Me

       

Contact Us

Alamat :

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat
Jl. Mujahidin No 16 E-F Pontianak 78121

Phone +62 561 8101080
Fax +62 561 766038

email : disbunkalbar@gmail.com

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan                                      Jl. Budi Utomo No. 56 B, Siantan Hulu Pontianak 78242

 

Top Panel
- - - - - -

Pengembangan Tanaman dan Penyuluhan

PERTEMUAN FASILITASI PEMBENTUKAN KOPERASI KABUPATEN

Kegiatan pertemuan fasilitasi pembentukan koperasi kabupaten ini dilaksanakan di Gedung Pekat Epuh Dusun Semeng Desa Semanget Kec.Entikong Kabupaten Sanggau, selama 1 (satu) hari yaitu Tanggal 5 September 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk terbentuknya koperasi yang menaungi 5 (lima) LEM desa dan terbentuknya sebuah koperasi dari Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) yang ada.

Peserta kegiatan adalah pengurus inti 5 (lima) LEM desa di Kabupaten Sanggau yaitu Desa Kenaman, Desa Bungkang, Desa Semanget, Desa Nekan dan Desa Entikong serta Pembina LEM. Turut hadir juga Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengendalian Dinas Perkebunan Kabupaten Sanggau serta Pengurus Desa. Narasumber yang diundang yaitu La Ode Amin Eda, SP sebagai Fasilitator LEM Prov. Sultra/Dinas Perkebunan & Holtikultura Prov. Sultra, dan Ir. Ninzar Akib sebagai Fasilitator LEM Prov. Sultra/LSM “Sintesa” Prov. Sultra dengan tema materi yang disampaikan “Pembentukan Koperasi LEM Kabupaten”.

Berikut hasil kesimpulan dari kegiatan ini :

1. Terbentuknya koperasi.

2. Terpilihnya para pengurus koperasi.

3. Adanya komitmen bersama untuk membesarkan koperasi.

4. Disepakatinya iuran pokok dan iuran wajib.

Bimbingan Teknis Pengembangan Unit Usaha Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM)

 

Kegiatan bimbingan teknis unit usaha LEM ini dilaksanakan di Aula Hotel Meldy Kabupaten Sanggau, selama 3 (satu) hari yaitu Tanggal 2-4 September 2019.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para peserta Bimbingan Teknis mengenai Kewirausahaan, pengelolaan keuangan dan koperasi LEM.

 

Peserta kegiatan adalah pengurus inti 5 (lima) LEM desa di Kabupaten Sanggau yaitu Desa Kenaman, Desa Bungkang, Desa Semanget, Desa Nekan dan Desa Entikong. Turut hadir juga Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengendalian, serta Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau. Narasumber yang diundang yaitu Ir. Abdul Aziz,M.Sc sebagai Ahli Kelembagaan Dirjenbun, La Ode Amin Eda, SP sebagai Fasilitator LEM Prov Sultra/Dinas Perkebunan & Holtikultura Prov. Sultra, dan Ir. Ninzar Akib sebagai Fasilitator LEM Prov. Sultra/LSM “Sintesa” Prov. Sultra dengan tema materi yang disampaikan “Peningkatan Kemampuan Pengurus dalam Pengembangan Unit Usaha LEM”.

 

Berikut hasil kesimpulan dari kegiatan ini :

 

  • 1.      Para pengurus memahami seluk beluk pengembangan unit usaha LEM.

 

  • 2.      Para pengurus/peserta mampu memetakan masalah yang dihadapi dalam pengembangan unit usaha, serta dapat memformulasikan upaya pemecahannya.

 

  • 3.      Adanya persamaan persepsi dalam pengembangan usaha.

 

  • 4.      Dipahaminya teknik dan langkah-langkah proses pembentukan koperasi.

 

  • 5.      Peserta memiliki kemampuan di dalam pengelolaan keuangan LEM (membuat cashflow dan pembukuan).

 

Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Desa

Kegiatan Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) ini dilaksanakan di Kantor Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, selama 4 (satu) hari yaitu Tanggal 21-24 Agustus 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya penumbuhan dan Pengembangan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) desa, untuk memperoleh dukungan dari stakeholder dengan sasaran akhir terbentuknya LEM di 3 (tiga) desa yang dipilih.

Peserta kegiatan adalah 175 warga desa per masing-masing desa dan turut hadir tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, petani, stakeholder terkait, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Lurah serta Pemerintah Kabupaten. Narasumber yang diundang yaitu Muh. Salam Hidayatul, SP,. MP dari Fasilitator LEM Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berikut hasil kesimpulan dari kegiatan ini :

1.      Terbentuknya pengurus LEM di 3 (tiga) desa yaitu Desa Semanget, Desa Nekan dan Desa Entikong.

2.      Adanya dukungan dari stakeholder terkait dalam proses pembentukan LEM.

3.      Adanya komitmen dari semua stakeholder untuk membesarkan LEM dan komitmen bersama pengurus secara bersama masyarakat desa untuk membesarkan LEM.

 

4.      Dapat diinventarisasinya berbagai potensi di 3 (tiga) desa yang menjadi sasaran pembentukan LEM.