Login

Remember Me

       

Contact Us

Alamat :

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat
Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak 78121

Phone 0561 8101080
Fax 0561 766038 

Pengaduan 081352056399

email : disbun@kalbarprov.go.od / disbunkalbar@gmail.com

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan                                      Jl. Budi Utomo No. 56 B, Siantan Hulu Pontianak 78242

 

Top Panel
- - - - - -

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan

UPT PSBP Disbun Kalbar Luncurkan Aplikasi SiDIANih dan SiProBen

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (UPT PSBP) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Dinas Perkebunan Kalbar meluncurkan aplikasi Sistem Data Informasi Akses Benih (SiDIANih) sebagai sebuah inovasi yang menyediakan informasi, data dan akses terhadap benih perkebunan yang berada di Kalbar.

"Aplikasi SiDIANih merupakan aplikasi dengan digitalisasi layanan, proses dan sistem database yang dapat digunakan oleh para stakeholder perbenihan perkebunan. Inovasi ini juga sejalan dengan moto HUT Ke-64 Pemerintah Provinsi Kalbar maju dan inovatif. Kita hadirkan dalam rangka optimalisasi pengawasan mutu dan peredaran benih perkebunan di Kalbar," ujar Kepala Disbun Kalbar, Heronimus Hero saat meresmikan aplikasi di Kantor UPSBP Provinsi Kalbar di Pontianak, Senin (1 Februari 2021).

Sementara itu, Kepala UPT UPSBP Provinsi Kalbar, Erita Fitriani mengatakan bahwa selain SiDIANih diwaktu bersamaan pihaknya juga menghadirkan aplikasi Sistem Management Produsen Benih (SiProBen). Aplikasi tersebut terintegrasi dengan SiDIANih dan dihadirkan untuk kebutuhan manajemen produsen yang bersifat internal tidak dipublikasikan.

Ia menjelaskan bahwa dengan SiProBen, sejak proses permohonan hingga dikeluarkannya dokumen dan pengamanan dokumen baik SMB, SKHP, SKPKKS, rekomendasi IUPB, SKKI, SKKB, SKKS, SKPBBK maupun SPLB telah menggunakan teknologi QR Code.

Sosialisasi Penggunaan Benih Kelapa Sawit Bersertifikat

Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Benih Kelapa Sawit Bersertifikat di Hotel Emerald Sanggau, Selasa 20 Oktober 2020.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau.

Peserta kegiatan diikuti perwakilan KUD penerima bantuan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari Kabupaten Sanggau, Sekadau dan Melawi.

Narasumber di kegiatan tersebut dari Dinas Perkebunan, UPSBP Provinsi Kalimantan Barat dan 3 perwakilan produsen benih kelapa sawit..

Tujuan sosialisasi tersebut agar KUD memahami benih kelapa sawit yang bermutu, bersertifikat dan berlabel yang akan digunakan pada kegiatan PSR.

Pertemuan Koordinasi Pengawasan Mutu dan Peredaran Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2019

Pertemuan Koordinasi Pengawasan Mutu dan Peredaran Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2019 dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 29-30 Agustus 2019 di Khatulistiwa Ballroom Hotel Aston Pontianak. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 30 orang yang berasal dari Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi perkebunan dan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat. Narasumber terdiri dari Ditreskrimsus Polda Kalbar (Kompol Supriyadi, SH, MH), Sekretaris Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (H. Sukardi, SP, M. Si), Balai Karantina Pertanian Kelas I (Feri Astuti, SP, M. Si), Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat (Ir. Florentinus Anum, M. Si), Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan Prov. Kalimantan Barat (Ir. Nurbaiti, M. Si) dan Kepala Seksi Pengujian dan Sertifikasi Benih UPT PSBP Prov. Kalimantan Barat (Ir. Erwin Jaya).