Login

Remember Me

       

Contact Us

Alamat :

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat
Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak 78121

Phone 0561 8101080
Fax 0561 766038 

Pengaduan 081352056399

email : disbun@kalbarprov.go.od / disbunkalbar@gmail.com

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan                                      Jl. Budi Utomo No. 56 B, Siantan Hulu Pontianak 78242

 

Top Panel
- - - - - -

Prasarana, Sarana dan Perbenihan

Kegiatan Forum Koordinasi Perbenihan Tanaman Perkebunan 2021 Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar

Kegiatan Forum Koordinasi Perbenihan Tanaman Perkebunan 2021
Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar
Pontianak, 8-9 April 2021

Dinas Perkebunan Kalbar memfokuskan pembangunan sektor perkebunan dalam rangka mendukung komoditi di setiap daerah.

Bentuk dukungannya yaitu logistik benih unggul melalui pembangunan kebun sumber benih, mutu benih, penyediaan benih unggul berkualitas dan bersertifikat, pengembangan kawasan perkebunan komoditas unggulan misalnya karet, kelapa, lada, kopi, kelapa sawit, dan kakao.

Peningkatan penanggulangan organisme pengganggu tanaman dan gangguan usaha perkebunan dan dampak perubahan iklim juga demikian. Kemudian pasca panen dan hilirisasi serta pemasaran komoditas, dan terakhir pembinaan kelembagaan petani.

Inventarisasi Ketersediaan Benih Kelapa Sawit di Kabupaten Sanggau

Inventarisasi ketersediaan benih kelapa sawit di bbrp produsen benih kab. Sanggau. Dari sisi kualitas, benih yg ada sdh dikembangkan dgn baik, namun dari sisi kuantitas relatif masih belum cukup utk memenuhi target peremajaan sawit rakyat. Pemesanan kecambah harus indent 3 bulan. Mudah-mudahan para pekebun dapat mengatur dgn baik waktu penanaman sesuai dgn ketersediaan bibitnya.

Pemprov. Kalimantan Barat Gandeng Perusahaan Perkebunan Perbaiki Infrastruktur

Pemerintah provinsi menggandeng korporasi perkebunan untuk sama - sama memelihara dan merawat jalan di ruas jalan provinsi yang ada di kabupaten. Kolaborasi tersebut untuk mendukung percepatan infrastruktur yang lebih baik untuk masyarakat.

Pemeliharan dan perawatan jalan yang mulai dilakukan juga buah dari pertemuan yang dilakukan baru - baru ini di Balai Petiti Kantor Gubernur Kalbar.

Kolaborasi yang ada, termasuk juga upaya optimalisasi CSR yang lebih terarah pada indeks desa membangun di desa - desa sekitar perkebunan. Tujuan akhir tidak lain adalah agar masyarakat sejahtera, perusahaan maju, dan pemerintah berdaya.