Login

Remember Me

       

Contact Us

Alamat :

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat
Jl. Mujahidin No 16 E-F Pontianak 78121

Phone +62 561 8101080
Fax +62 561 766038

email : disbunkalbar@gmail.com

Top Panel
- - - - - -

Prasarana, Sarana dan Perlindungan

Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Kebun di Provinsi Kalimantan Barat

 

Pencegahan kebakaran merupakan kegiatan awal yang paling penting dilakukan dalam pengendalian kebakaran lahan dan kebun. Strategi ini harus dilakukan secara terus menerus karena merupakan cara yang lebih ekonomis untuk mengurangi kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran lahan dan kebun. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat Cristiandy Sanjaya pada pembukaan “Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Kebun tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016” yang dipusatkan di Desa Sungai Deras Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 27 April (27/4).

Lebih lanjut Cristiandy mengatakan “Apel Siaga” hendaknya dimaknai sebagai satu kesadaran seluruh stakeholder bahwa kebakaran lahan dan kebun yang terjadi setiap tahun di Kalimantan Barat merupakan ancaman sehingga memerlukan penanganan yang serius dari semua pihak agar kebakaran lahan dan kebun dapat dicegah sedini mungkin. Apel Siaga ini juga hendaknya menjadi bagian dari “tekad” dan “spirit” kita semua untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kegotong-royongan serta kesiapan dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan dan kebun di Provinsi Kalimantan Barat.

 Acara ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Perkebunan Direktorat Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, para Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat, Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkorpimda) Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas yang membidangi perkebunan Kabupaten se-Kalimantan barat, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), pimpinan perusahaan perkebunan se-Kalimantan Barat serta para peserta Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Kebun.

Disbun Kalbar Gelar Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan

 

Salah satu upaya dalam meningkatkan peranan perkebunan dalam pembangunan nasional yang mengacu kepada undang-undang adalah melaksanakan perencanaan pembangunan perkebunan secara lebih baik  yang didukung dengan tersedianya Data dan Informasi perkebunan yang tepat dan akurat. Data dan Informasi yang akurat akan meminimalisir kesalahan dalam menerapkan kebijakan strategis. Data yang akurat dan mutakhir juga dapat dijadikan ukuran evaluasi keberhasilan capaian kinerja pembangunan perkebunan yang telah dilakukan selama ini. Hal tersebut disampaikan dalam kata sambutan Kepala Dinas Perkebunan  Provinsi Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar Ir. Jamaluddin pada pembukaan kegiatan Penyusunan Angka Tetap (ATAP) Statistik Perkebunan Tahun 2015 dan Pemantapan  Pedoman Pengelolaan Data Komoditas Perkebunan (PDKP) di Hotel Kapuas Dharma Jalan Imam Bonjol Pontianak, Kamis 28 dan Mei 2016 (28/5).

Ketua panitia kegiatan, Kepala Seksi Data dan Informasi Siti Khasanah,SH mengatakan pertemuan ini diikuti oleh pejabat yang membidangi data dan informasi  di dinas perkebunan Kabupaten/Kota se-Kalbar. Menurutnya, melalui pertemuan ini dapat terwujud dan tersusun penyajian data dan informasi perkebunan Provinsi Kalimantan Barat yang akurat, valid, terpercaya, relevan dan “up to date”. Sinkronisasi data perkebunan ini diharapkan juga dapat dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota secara bertahap agar diperoleh satu angka statistik perkebunan sesuai perubahan kemajuan teknologi dalam tuntutan kebutuhan pembangunan perkebunan saat ini dan mendatang. Upaya tersebut di atas sangat strategis karena data dan informasi merupakan salah satu faktor yang penting dan utama dalam penyusunan rencana pembangunan perkebunan ke depan.  (RiaManihuruk/Datin)